Perbedaan antara Marketing, Selling dan Branding

Apa itu Marketing, Selling dan Branding..?

Dalam dunia advertising atau periklanan, ketika bergelut di dunia marketing ataupun pekerjaan terkait dengan kejar target, beberapa istilah acapkali kita dengar tentang apa itu marketing, selling atau sales dan branding. Adakah perbedaan diantara ketiganya? Tentu berbeda, banyak dari kita yang memaknainya sama saja antara marketing dan selling atau sales, seperti halnya saya dahulu.

Kesalahan dalam memaknai ketiganya dapat menjadikan kita berbeda pula strategi yang diterapkan dalam melakukan pekerjaan atau menargetkan hal tertentu. Pentingnya mengetahui perbedaan di antara ketiganya agar kita dapat melakukan percepatan pencapaian target secara cepat, efektif dan efisien, dan menerapkan strategi yang berbeda beda pula.

Inilah Perbedaan secara singkat antar Marketing, Selling dan Branding

Marketing : Menciptakan Demand >>>> Membuat Cold Prospek menjadi Warm Prospek.

Selling : Menciptakan pembeli >>>>>>> Membuat Warm Prospek menjadi Hot Prospek lewat closing.

Branding : Menciptakan pelanggan >>> Membuat Hot Prospek selalu Hot lewat Brand Loyality.

Naah bicara tentang Branding, Pak Subiakto atau lebih akrab dipanggil pak Bi adalah pakar Branding Indonesia. Dahulu sering kita mendengar iklan di televisi seperti “Nyamuk sini cuma takut Tiga Roda”, “Kopiko gantinya Ngopi” dll. Beliaulah sosok yang menjadikan masing masing produk tersebut masih terngiang ngiang ditelinga kita hingga saat ini lewat tagline berbagai macam produk tersebut.

Dalam kuliahgram atau group telegram pak Bi membahas bahwa ada empat tahapan yang menonjol dalam Branding :

  1. Brand Strategy : Pembahasan seputar Brand Canvas sebagai basic pemahaman tentang Brand dan Branding.
  2. Brand Identity : Pembahasan melalui Key visual (Logo, Merk, dll), Key Word (Tagline, Slogan, dll) dan Key Sound (Jingle, Jinglet, dll)
  3. Brand Activations : Pembahasan meliputi Branding lewat Public Event, Branding lewat Personal Selling, Branding lewat Promotion, dan Branding lewat Advertising.
  4. Brand Disruption : Pembahasan tentang bagaimana brand kita menghadapi gelombang DISRUPTION dari luar, dan pembahasan tentang bagaimana Brand kita melakukan DISRUPTION melindas merk lain yang ada di pasaran.

Naah semoga dengan tulisan ini kita dapat membedakan antara Marketing, Selling dan Branding. Semoga bermanfaat.

 

Salam Sukses

Firdausnetpreneur

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *